Sea Group Dan BNI Kerja Sama Yang Fokus di Teknologi Digital

Bpr muliatama – Bank Negara Indonesia (BNI) memberikan klarifikasi terkait rumor bahwa perusahaan asal Singapura. Sea Group berencana untuk menjadi pemegang saham di PT Bank Hibank Indonesia, yang merupakan salah satu anak perusahaan BNI. Menurut Sekretaris Perusahaan BNI, Okki Rushartomo, saat ini Hibank sedang menjajaki berbagai potensi kerja sama yang relevan dengan bisnisnya. Namun, Okki menegaskan bahwa hingga saat ini, Sea Group berfungsi sebagai mitra teknologi bagi Hibank.

Posisi Sea Group sebagai Mitra Teknologi

“Sea Group saat ini merupakan mitra teknologi dalam pengembangan infrastruktur yang mendukung transformasi Hibank menjadi bank digital.” Ungkap Okki dalam wawancaranya dengan Tempo pada Sabtu, 12 Oktober 2024. Ia menjelaskan bahwa BNI, sebagai pemegang 63,9 persen saham Hibank, terbuka untuk berbagai opsi guna mendukung pertumbuhan bisnis di masa depan. Salah satu opsi tersebut adalah kemungkinan Sea Group melakukan investasi di anak perusahaan BNI itu.

Baca Juga : Indocomtech 2024 Kembali Hadir dengan Inovasi Terbaru!

Dampak Kerja Sama terhadap Bisnis Hibank

Hibank dipandang sebagai sumber pertumbuhan jangka panjang bagi BNI, terutama karena fokusnya pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hingga Juni 2024, Hibank mencatat pertumbuhan kredit yang mengesankan, dengan angka naik 85 persen secara year-on-year (yoy). Sebelumnya, Okki juga telah meluruskan informasi yang beredar di media dengan menyampaikan keterangan resmi melalui laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Ia menegaskan bahwa saat ini belum ada rencana konkret mengenai kerja sama lanjutan antara Hibank dan Sea Group.

Lebih lanjut, Okki memastikan bahwa potensi opsi kerja sama ini tidak akan berdampak negatif terhadap bisnis maupun layanan perbankan Hibank. “Kami telah melakukan penelaahan terhadap entitas yang dapat menjadi mitra teknologi strategis untuk bekerja sama dengan Hibank dalam rangka meningkatkan kapasitas teknologi dan mendukung transformasi menjadi bank digital,” jelasnya dalam keterangan resmi di laman BEI, pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Dengan adanya kerja sama ini, BNI berharap dapat memperkuat posisi Hibank dalam industri perbankan digital yang semakin kompetitif. Selain itu, kolaborasi dengan Sea Group diharapkan dapat membawa inovasi dan teknologi yang lebih maju, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada nasabah, khususnya di sektor UMKM.

Secara keseluruhan, BNI menunjukkan komitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi di dunia perbankan, demi memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin beragam. BNI dan Hibank siap untuk menghadapi tantangan masa depan dan meningkatkan daya saing di pasar.

Simak Juga : Cara Mudah Menghapus Background HD Gratis untuk Berbagai Kebutuhan